Kapolres Majalengka Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Majalengka

Kapolres Majalengka Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Majalengka

Media Unit 1
Sabtu, 01 Juni 2024



Majalengka, - Kapolres Majalengka, Polda Jabar, AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR, menghadiri kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Majalengka. Upacara yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Majalengka ini mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.",Pada Sabtu (1/6/2024).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Majalengka, Dr. H. Dedi Supandi, M.Si., dan dihadiri oleh unsur Forkopimda serta tamu undangan lainnya. Dalam pidatonya, Pj. Bupati Majalengka membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi.

"Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK," ujar Pj. Bupati dalam pidatonya.

Tema peringatan tahun ini menekankan pentingnya Pancasila sebagai penyatu bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa. "Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong," lanjutnya.

Pj. Bupati Majalengka juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. "Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik," tambahnya.

Pidato tersebut juga menyoroti pentingnya memanfaatkan teknologi informasi secara bijaksana untuk menyebarkan konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. "Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan," katanya.

Upacara ini ditutup dengan ajakan untuk terus bergotong royong merawat anugerah Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. "Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila," tutup Pj. Bupati Majalengka, Dr. H. Dedi Supandi, M.Si.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR, mengatakan bahwa kehadirannya dalam upacara ini adalah bentuk dukungan Polri terhadap nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar negara dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara. "Pancasila adalah jiwa pemersatu bangsa. Kita harus terus menjaganya agar tetap menjadi landasan dalam menghadapi berbagai tantangan," ujar Kapolres.

Dengan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah, diharapkan semangat Pancasila dapat terus hidup dan menjadi kekuatan dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,