Dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 H tahun 2024, Polres Bitung telah menyiapkan strategi dan menempatkan ratusan personel gabungan untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama perayaan hari raya. Bitung Sulawesi Utara

Dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 H tahun 2024, Polres Bitung telah menyiapkan strategi dan menempatkan ratusan personel gabungan untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama perayaan hari raya. Bitung Sulawesi Utara

Media Unit 1
Rabu, 03 April 2024

Hal itu ditandai dengan pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat tahun 2024, di Lapangan Mapolres Bitung, Rabu (4/3) pagi.

Bertindak selaku Peminpin Apel Kapolres Bitung AKBP Albert Zai SIK dan Komandan Apel IPDA Dharu Medianda STrk serta Perwira Apel Kasat Lantas Polres Bitung AKP Riyan Wahyuningtiyas SIK.

Kegiatan apel gelar pasukan ini merupakan tahap akhir pengecekan kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai bagian dari komitmen sinergisitas antara TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam pengamanan mudik dan perayaan Idul Fitri.

Dalam amanatnya, Kapolres Bitung menekankan pentingnya memahami karakteristik wilayah masing-masing, seperti titik rawan banjir, longsor, dan gangguan kamtibmas. Skema penanganan potensi gangguan dan situasi kontijensi juga dipersiapkan dengan matang.

Selain itu, aspek keamanan dari gangguan kamtibmas di rumah yang ditinggalkan, jalur mudik, dan lokasi wisata serta pusat keramaian lainnya menjadi fokus utama. Patroli bersama pada jam-jam rawan, layanan pelaporan rumah yang ditinggalkan, dan penitipan kendaraan menjadi bagian dari strategi pengamanan.

"Upaya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok serta BBM juga menjadi perhatian serius. Koordinasi dengan stakeholder terkait diharapkan dapat menjaga stok dan harga tetap stabil," ujar Kapolres.

Diharapkan, dengan strategi komunikasi publik yang baik, masyarakat dapat mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui berbagai saluran komunikasi, sehingga dapat melakukan perjalanan dengan nyaman.

Sebelum mengakhiri amanat, Kapolres Bitung mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel pengamanan dan stakeholder terkait yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024.

Sinergisitas seluruh pihak diharapkan dapat mengulangi keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu. "Atas nama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci," imbuhnya.

Kasi Humas IPTU Iwan Setiyabudi menambahkan, khusus Polres Bitung menempatkan sebanyak 106 personel dalam operasi ini, termasuk unsur TNI seperti Yonmarhanlan VIII Bitung, Kodim 1310/Bitung, Dishub, Sat Pol-PP dan BPBD Kota Bitung, KPLP Bitung, Senkom dan Banser.

Turut hadir dalam gelar pasukan ini, Kajari Bitung Fauzal SH MH, Asisten I Setda Kota Bitung Robby Kawengian STh SPd MAP beserta sejumlah jajaran di Pemkot Bitung, perwakilan unsur Forkopimda, Waka Polres Bitung, Kompol Afrizal Nugroho SIK MH, serta Wakil Ketua Senkom Kota Bitung, Albones.

"Dengan kerjasama yang sinergis dari semua pihak, Polres Bitung bertekad untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri," imbuh Kasi Humas.

#opsketupat2024
#ramadhan1445h
#idulfitri1445h
#jagakamtibmas
#bitungaman

Divisi Humas Polri 
Albert Zai 
RESMOB POLRES BITUNG

Perwata/IPTU Iwan Setiyabudi
Editor/Lukman inaku