Prajurit Yonif 5 Marinir Ikuti Pelatihan Babinpotmar Tahun 2024

Prajurit Yonif 5 Marinir Ikuti Pelatihan Babinpotmar Tahun 2024

Media Unit 1
Selasa, 09 Juli 2024



TNI AL, Dispen Kormar (Sukabumi).  Prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir  mengikuti pelatihan Babinpotmar T.A 2024 di Puslatpur Marinir 6 Antralina, Sukabumi, Jawa Barat. Selasa (09/07/2024).

Kegiatan yang diikuti oleh 150 prajurit TNI AL dari berbagai daerah di seluruh Indonesia tersebut mengusung tema "TNl AL Melaksanakan Pelatihan Babinpotmar T.A 2024 Guna Meningkatkan Profesionalisme dan Peran Prajurit TNI AL Dalam Rangka Mendukung Tugas Pemberdayaan Wilayah Pertanahan Laut".

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Potensi Maritim TNI AL Brigadir Jenderal TNI (Mar) Gatot Mardiyono, SH., M.Tr.Opsla dalam amanatnya menyampaikan bahwa pemberdayaan wilayah pertahanan laut merupakan salah satu dari lima tugas TNI Angkatan Laut. Pembinaan Potensi Maritim (Potmar) yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan operasi ataupun pembinaan dengan tujuan untuk mempersiapkan secara dini segenap potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM ) sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung dalam sistem pertahanan rakyat semesta.

Babinpotmar bertujuan untuk menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini untuk memenangkan peperangan guna membantu mengatasi kesulitan rakyat dan tercapainya tugas pokok TNI Angkatan Laut agar dapat tercapai secara optimal dan berkelanjutan.

Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinr Letkol Marinir Ahmad  Fauzi, M.Tr.Opsla menyampaikan bahwa kekikutsertaan prajuritnya dalam pelatihan Babinpotmar merupakan wujud nyata  Yonif 5 Marinir guna mendukung tugas TNI AL dalam melaksanakan pembinaan potensi maritim guna mewujudkan pertahanan laut yang kuat, dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI.

L.I.79