Tradisi Pemakaian Mahkota Makutarama

Tradisi Pemakaian Mahkota Makutarama

Media Unit 1
Jumat, 03 Mei 2024


Salatiga - korem073.tni-ad.mil.id Acara tradisi pemakaian Mahkota Makutarama dari Kolonel Inf Purnomosidi, S.I.P., M.A.P., M.Han., kepada Kolonel Inf Ari Prasetya, S.E.,M.Han., sebagai Danrem 073/Mkt di halaman Makorem 073/Makutarama. Kamis (02/05/24).

Makutarama adalah lambang satuan Korem 073/Mkt, merupakan mahkota raja yang dimiliki oleh Prabu Ramawijaya, Raja Poncowati, titisan dari Betara Wisnu, seorang raja termasyur,Arif dan bijaksana.

Dalam acara tradisi tersebut Kolonel Inf Purnomosidi yang merupakan pejabat Danrem lama menyematkan mahkota Makutarama kepada Kolonel Inf Ari Prasetya sebagai pejabat baru untuk menggantikan tampuk kepemimpinan Korem 073/Mkt yang kurang lebih dua tahun diembannya dan selain mahkota Makutarama, bendera perang Duaja Korem 073/Mkt juga diserahkan kepada pejabat baru.

Gagah dan berwibawa bagi siapapun yang memakai mahkota Makutarama tersebut karena dalam cerita pewayangan, "Makutarama" merupakan kata-kata yang terhormat, yang artinya Wahyu atau Wewenang atau Pedoman hidup ke arah kesempurnaan yang disebut "Hastha Brata" yang berarti Delapan laku atau tindakan yang wajib dijadikan sendi atau pedoman hidup bagi setiap manusia, untuk menuju ke arah kesempurnaan diri pribadi.

(Lukman Inaku)