Prajurit Mako Kopasgat Hormati Peringatan 17-San di Lanud Sulaiman

Prajurit Mako Kopasgat Hormati Peringatan 17-San di Lanud Sulaiman

Media Unit 1
Jumat, 17 Mei 2024


BANDUNG, MAKO KOPASGAT - Prajurit dari Markas Komando Pasukan Gerak Cepat (Mako Kopasgat) menunjukkan penghormatan yang luar biasa dalam mengikuti upacara peringatan 17-San yang diadakan di Pangkalan Udara Sulaiman. Acara yang berlangsung di lapangan terbuka tersebut diselenggarakan untuk menghormati para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kedaulatan dan keamanan negara. Jumat, (17/05/2024).

Dalam suasana yang penuh khidmat, para prajurit  Mako Kopasgat berbaris dengan rapi di lapangan upacara. Mereka mengenakan seragam dengan gagahnya, menunjukkan semangat dan dedikasi mereka terhadap tugas negara. Seiring dengan penghormatan bendera merah-putih yang berkibar di langit, prajurit tersebut juga menyanyikan lagu kebangsaan dengan penuh kebanggaan dan kesetiaan.

Sambutan Kasau Yang di bacakan oleh Komandan Lanud  Sulaiman Kolonel Pnb Rohmat Kusmayadi, S.Sos., M.Soc.Sc dalam amanat ini, Kasau  mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel TNI Angkatan Udara, yang telah memberikan kontribusi langsung maupun tidak langsung dalam menyukseskan pelaksanaan Upacara 

Hari Ulang Tahun ke-78 TNI Angkatan Udara pada akhir bulan lalu, baik secara terpusat di Yogyakarta, maupun yang dilaksanakan mandiri di satker masing-masing. 

Dalam sambutan yang sama  beberapa waktu ke depan, kita akan turut merealisasikan salah satu kebijakan strategis nasional yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024, yaitu Program pemerintah dalam pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN, yang secara bertahap mulai dilakukan. Sejalan dengan hal tersebut, Presiden Joko Widodo juga sudah menghimbau kepada seluruh pihak, untuk dapat mendukung pelaksanaan upacara kemerdekaan ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara. 

Khususnya bagi TNI Angkatan Udara, yang diberikan kepercayaan sebagai leading sector penyelenggaraan demo udara.

Selanjutnya, saya  menyampaikan kembali perintah harian sebagai pedoman bagi seluruh personil dalam pelaksanaan tugas ke depan.

Pertama, Tempatkan Keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan utama dalam setiap langkah kehidupan.

Kedua, Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI sebagai landasan moral prajurit dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian.

Ketiga, Tingkatkan pemahaman dan penerapan keselamatan terbang dan kerja sebagai dasar untuk membangun budaya safety yang generatif.

Keempat, Asah dan kembangkan kreativitas serta inovasi guna menciptakan terobosan- terobosan baru yang adaptif terhadap perkembangan teknologi demi kemajuan organisasi.

Kelima, Pertahankan dan tingkatkan profesionalisme sesuai bidang masing-masing dalam rangka membangun individu berkompetensi tinggi.
Keenam, Tanamkan dan implementasikan nilai-nilai kebaikan untuk membangun karakter yang kuat dan unggul.

Ketujuh, Jaga soliditas, solidaritas, dan sinergisitas TNI dengan POLRI, aparatur sipil negara, dan segenap komponen bangsa lainnya.

Terakhir, Junjung tinggi nilai-nilai humanisme agar TNI AU semakin dekat dan dicintai rakyat.
Acara ini juga dihadiri oleh para pejabat militer dan sipil,. Mereka semua bersama-sama mengenang dan menghormati jasa para pendahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kebebasan bangsa.

Peringatan 17-San di Lanud Sulaiman menjadi momentum penting bagi para prajurit Mako Kopasgat.penkopasgat

L.I