Paket Mencurigakan Terdeteksi, Satgas Kopasgat Cek Paket Berisikan Ganja Kering

Paket Mencurigakan Terdeteksi, Satgas Kopasgat Cek Paket Berisikan Ganja Kering

Media Unit 1
Senin, 03 Juni 2024



SENTANI, JAYAPURA - Anggota Satgas Kopasgat bersama dengan AVSEC bandara Sentai Jayapura kembali berhadil mengungkap kasus penyelundupan ganja kering yang dimasukan dalam bungkus kopi, Senin, (03/06).

Terkait dengan kejadian tersebut melalui rilis tertulisnya, Komandan Satgas Kopasgat Letkol Pas Agus M.A.H.A mengungkapkan, berawal dari seorang penumpang pria berinisial (SF) berusia 22 Tahun akan melakukan penerbangan menuju Mamberamo Tengah, Papua Gunungan, saat barang bawaan masuk X-Ray nampak pada tampilan layar petugas AVSEC mencurigai barang yang masuk tersebut.

Lanjutnya, Petugas AVSEC menyampaikan kegiatan tersebut kepada personil jaga Serda Otong Sukamana, Anggota Satgas Kopasgat Bandara Sentani, untuk memeriksa dengan mengecek ulang barang tersebut.

"Sebelum diperiksa, Serda Otong menghubungi pihat terkait Apintel, POM Lanud SPR, dan Petugas KP3 setempat,"ujarnya

Pemeriksaan berlangsung di ruangan HSCP dan ternyata didapati 4 gram ganja kering, serta barang bawaan lainnya.

Untuk diketahui, SF serta Barang bukti akan diperiksa lebih lanjut dan akan diserahkan ke pihak Satres Narkoba Polres Jayapura.

Menurut Letkol Pas Agus M.A.H.A, tingginya pengonsumsian narkoba akan menyebabkan peningkatan kriminalitas di wilayah Papua, sehingga diharapkan agar pola hidup sehat dilakukan dan menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi narkoba.

"Mari kita sama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat Papua, untuk menjalankan pola hidup sehat dengan meninggalkan pengonsumsian narkoba, dan tentunya ini harus dilakukan secara bersama-sama, bersinergi untuk membebaskan Papua dari Narkoba,"pungkasnya.

L.I