Asah Kemampuan Tempur, Regu Pandu Tempur Yonif 1 Marinir Terima Materi Menembak Sniper

Asah Kemampuan Tempur, Regu Pandu Tempur Yonif 1 Marinir Terima Materi Menembak Sniper

Media Unit 1
Jumat, 14 Juni 2024



TNI AL, Dispen Kormar (Surabaya) Regu Pandu Tempur (Rupanpur) Batalyon Infanteri 1 Marinir mempertajam kemampuan dan naluri tempur dengan melaksanakan latihan menembak Sniper di lapangan tembak FX Soepramono Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur. Jumat (14/06/2024).

Penembak Sniper atau dikenal dengan istilah penembak runduk adalah seorang prajurit yang secara khusus terlatih dan memiliki kemampuan untuk membunuh secara tersembunyi dari jarak yang jauh. Hal ini dimiliki oleh prajurit Rupanpur Yonif 1 Marinir yang ditunjukkan melalui latihan menembak Sniper dengan menggunakan senjata Styer Aug call 7,62 mm. 

Dalam Latihan tersebut Komandan Kompi Aligator Yonif 1 Marinir Kapten Marinir Novie Hariyanto sebagai instruktur menambahkan bahwa tugas seorang sniper (penembak runduk) adalah melenyapkan musuh atau target secara sembunyi dari jarak jauh dengan menggunakan senapan khusus. Usai menjalankan tugasnya, seorang sniper harus segera berpindah lokasi pengintaian sebelum lokasinya ditemukan oleh musuh, oleh karena itu syarat utama untuk menjadi sniper adalah memiliki mental maupun stamina diatas rata rata.

Sementara itu, Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Roni Saputra, M.Tr.Opsla  mengatakan materi yang diberikan kepada Regu Pandu Tempur Yonif 1 Marinir  memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan khusus yang mengawaki sebagai penembak sniper atau penembak runduk, sehingga mampu menjalankan penugasan di masa yang akan datang.

L.I