Menart 2 Marinir Laksanakan Apel Gelar Kesiapan Latihan TW II Tahun 2024

Menart 2 Marinir Laksanakan Apel Gelar Kesiapan Latihan TW II Tahun 2024

Media Unit 1
Senin, 27 Mei 2024



TNI Angkatan Laut. Dispen Kormar (Surabaya). Dalam rangka persiapan menjelang pelaksanaan Latihan Satuan Dasar (LSD) II dan Latihan Satuan Lanjutan (LSL) I Triwulan II agar berjalan sukses, Resimen Artileri 2 Marinir menggelar apel kesiapan bertempat di lapangan apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang – Surabaya. Senin (27/05/2024).

Danmenart 2 Marinir Kolonel Marinir Rana Karyana, S.E., M.Tr.Opsla., M.M., CHRMP selaku penerima apel menyampaikan bahwa Apel Gelar Kesiapan bila ditinjau dari aspek pembinaan bertujuan untuk menguji kemampuan satuan sekaligus menganalisa, mengembangkan aspek doktrin sedangkan dilihat dari aspek integratif bertujuan untuk meningkatkan kerjasama, saling pengertian dalam pola pikir, pola tindak dan pola sikap diseluruh satuan di jajaran Menart 2 Marinir khususnya saat menerapkan Kodal, Taktik maupun Tenik sesuai dengan pembinaan latihan Korps Marinir.

Dijelaskan pula bahwa tugas pokok Korps Marinir yakni menyelenggarakan operasi amfibi, operasi pertahanan pantai, operasi pengamanan pulau terluar strategis, operasi tempur lainnya sesuai kebijakan Panglima TNI, yang telah menjadi konsekwensi Korps Marinir dalam melaksanakan tupoksinya sebagai pasukan pendarat, dimana Korps Marinir memiliki kemampuan dan kekuatan sebagai satuan yang siap untuk diproyeksikan ke daerah operasi.

"Kita ketahui bersama bahwa latihan ini merupakan latihan dalam rangka pembinaan dan peningkatan kemampuan juga pengetahuan, mulai keterampilan teknis peroroangan satuan sampai dengan tingkat kompi dan untuk mewujudkan kemampuan tersebut maka kita akan melaksanakan pembinaan latihan yang sistematis, teratur dan bertahap secara terus menerus demi tercapainya standar kemampuan perorangan dan satuan Korps Marinir, hal ini sejalan dengan taklimat Dankormar, Tingkatkan Kemampuan Tempur dan Selalu Siap Kapanpun Negara Memanggil Kita Hadir dan Berhasil", jelas Danmenart 2 Marinir.

Lebih jauh dijelaskan ada 2 hal yang dapat memenangi pertempuran yakni, bagaimana pasukan melakukan manuver untuk mencapai di titik strategis dan daya tembak/gempur yang luar biasa."Sangat pantaslah apabila pasukan Artileri dalam medan pertempuran dengan kedahsyatan tembakannya melahirkan slogan Biarkanlah Kami Yang Menjadi Terror Bagi Musuhmu," tutup Danmenart 2 Marinir.

L.I