Komandan Satgasmar Pam Puter XXVII Pulau Nusa Barung Hadiri Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana

Komandan Satgasmar Pam Puter XXVII Pulau Nusa Barung Hadiri Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana

Media Unit 1
Selasa, 28 Mei 2024



TNI AL, Dispen Kormar (Jember). Komandan Satgasmar Pam Pulau Terluar XXVII Pulau Nusa Barung Lettu Mar Irwan Adi Nugroho menghadiri Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) dan simulasi Jalur Evakuasi Tsunami di Alun-alun Puger, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Selasa (28/05/2024).

Apel kesiapsiagaan bencana yang dihadiri Forkopimda Kabupaten Jember dipimpin langsung oleh Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST, IPU, ASEAN Eng., tersebut dengan peserta apel terdiri dari Personel Kodim 0824 Jember, Polres Jember, Satgasmar Puter pulau Nusa Barung, Posal Puger, Polhut, Satpol PP, Dishub, Damkar, BPBD Kab. Jember, Komunitas Relawan Tanggap Bencana dan Akademisi pelajar kabupaten Jember.

Dalam Sambutannya Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST, IPU, ASEAN Eng.  menyampaikan bahwa hari kesiapsiagaan bencana telah dilaksanakan sejak tahun 2017 yang dijadikan momentum untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat akan terjadinya bencana, karena kabupaten Jember merupakan salah satu wilayah di sisi selatan Pulau Jawa dengan potensi terjadinya bencana alam sangat tinggi seperti gempa bumi dan Tsunami.

"Terjadinya Bencana tidak bisa ditanggulangi sendiri oleh pemerintah, harus didukung oleh seluruh Lapisan masyarakat. Oleh karena itu, pada momentum HKB ini kami mengajak kepada Semua Pihak untuk bersinergi, bergerak melakukan mitigasi bencana, melakukan sosialisasi pencegahan bencana sehingga memberikan efek keamanan dan keselamatan kepada seluruh masyarakat yang khususnya masyarakat kabupaten Jember," pungkasnya.

Setelah pelaksanaan kegiatan HKB selesai, dilanjutkan peninjauan posko bencana dan pelepasan simulasi jalur evakuasi Tsunami Oleh Bupati Jember dengan berjalan dari depan kantor kecamatan Puger menuju ketinggian bukit kapur yang dilaksanakan oleh seluruh peserta apel HKB.

L.I