Danpasmar 1 Tinjau Latihan Bersama Taifib Marinir Dengan US Marine Force Recon

Danpasmar 1 Tinjau Latihan Bersama Taifib Marinir Dengan US Marine Force Recon

Media Unit 1
Kamis, 02 Mei 2024



TNI AL, Pasmar 1. Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han., meninjau latihan bersama antara Intai Amfibi (Taifib) Marinir dengan United States (US) Marine Forces Pacific (MARFORPAC) First Marine Expeditionary Force (I MEF) 1st Reconnaissance Battalion di Wind Tunnel Kolat Koarmada RI, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (02/05/2024). 

Pada latihan kali ini para pasukan khusus Korps Marinir dari kedua negara tersebut sedang melaksanakan Ground Training serta latihan kering di simulator atau biasa disebut dengan Wind Tunnel. 

Wind Tunnel sendiri adalah terowongan angin berbentuk tabung yang dikelilingi dengan kaca, merupakan suatu alat untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam melaksanakan pelatihan terjun payung. 

Dalam latihan tersebut, para prajurit dari dari Taifib Marinir dan 1st Reconnaissance Battalion dengan sangat antusias mengikuti arahan para instruktur agar dapat melaksanakan program pelatihan dengan baik sebelum melaksanakan penerjunan yang sesungguhnya dari atas pesawat udara. 

Pada kesempatan tersebut Danpasmar 1 mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme para prajurit kedua negara. Selain itu juga untuk meningkatkan hubungan baik dan pemahaman antar kedua negara, serta menjaga stabilitas keamanan di kawasan. 

"Tampilkan yang terbaik pada latihan kali ini, tetap utamakan faktor keamanan baik personel maupun material serta selalu awali setiap kegiatan dengan berdoa," pesan Danpasmar 1 pada para peserta latihan. 

Hadir pada kegiatan tersebut Asops Danpasmar 1 Kolonel Marinir Dwi Ariyanto Wibowo, Pabanopslat Pasmar 1 Letkol Marinir Gigih Catur Purnomo serta Danyon Taifib 1 Marinir Mayor Marinir Laili Nugroho.

L.I