ANTISIPASI GANGGUAN KAMTIBMAS DI JAYAPURA, PRAJURIT YONMARHANLAN X LAKSANAKAN LATIHAN PHH

ANTISIPASI GANGGUAN KAMTIBMAS DI JAYAPURA, PRAJURIT YONMARHANLAN X LAKSANAKAN LATIHAN PHH

Media Unit 1
Rabu, 01 Mei 2024


TNI AL, Dispen Kormar Jayapura, Rabu (01/05/2024). Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan mengantisipasi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Jayapura, Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) X Jayapura Pasmar 3 melaksanakan Latihan Penindakan Huru Hara (PHH) yang bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal X Jl. Amphibi, Kelurahan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua. 

Kegiatan Latihan Penindakan Huru Hara (PHH) tersebut dibagi menjadi dua materi latihan yaitu teori dan praktek. Materi teori yang diberikan diawali dengan maksud dan tujuan dibentuknya PHH, cara menangani masa baik yang kooperatif maupun anarkis dan cara membentuk formasi PHH. Setelah teori diberikan, dilanjutkan dengan praktek lapangan. 

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) X Jayapura Pasmar 3 Letkol Marinir Muhammad Kristian Widiantoro, M.Tr.Opsla  mengatakan bahwa latihan yang dilaksanakan merupakan wujud kesiapsiagaan prajurit Yonmarhanlan X Jayapura dalam mengantisipasi perkembangan situasi di Jayapura. Dalam latihan PHH ini, profesionalitas setiap prajurit akan meningkat sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Tidak hanya itu, kemampuan personel dalam hal taktik dan teknis serta prosedur tetap harus dilaksanakan apabila menangani terjadinya aksi unjuk rasa.

L.I