Prajurit Yonmarhanlan VIII Bitung, Berangkat Membantu Masyarakat Tagulandang Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Prajurit Yonmarhanlan VIII Bitung, Berangkat Membantu Masyarakat Tagulandang Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Media Unit 1
Kamis, 18 April 2024


TNI AL, Dispen Kormar (Bitung) Dalam Rangka Tanggap Darurat Bencana Alam (Erupsi Gunung Api Ruang di Kep. Sitaro )  yang terjadi Rabu malam (17/04/2024) pukul 21.00 wita, 1 peleton Pasukan Marinir Yonmarhanlan VIII Bitung, DPP. Letda Mar Yoel Sumelung berangkat kelokasi Bencana dengan  menggunakan KRI KKP 811 yang sandar di Dermaga Beaching Satrol Lantamal VIII kelurahan Aertembaga Kota Bitung, Kamis (18/4/2024)

Prajurit Petarung Bitung, bersama-sama  dengan personil dari Brimobda Polda Sulut dan Tagana Provinsi Sulut berangkat dengan membawa Bantuan Sosial dari Lantamal VIII Manado yang akan di berikan kepada warga yg terdampak dari  Erupsi Gunung Ruang di kecamatan Tagulandang. 

 Warga Masyarakat dari Kelurahan Balehumara dan masyarakat Kecamatan Tagulandang saat ini telah mengungsi ke wilayah Kecamatan Tagulandang Utara, untuk mengantisipasi erupsi susulan, sedangkan dampak nyang ditimbulkan dari erupsi tersebut yaitu Kondisi jalan penuh batu kerikil yang mengganggu pengendara roda 2 dan 4.,  Atap rumah warga, perkantoran, sekolah-sekolah di Wilayah Kec.Tagulandang sebagian besar mengalami bocor dan rusak,  Lampu padam sejak pagi dan ektifitas Sekolah juga perkantoran seluruhnya di liburkan

Danyonmarhanlan VIII Bitung Letkol Marinir Aditya Indarto, S.E., M.Tr. Opsla, menyampaikan " Prajurit Petarung Bitung akan melaksanakan Bantuan kemanusiaan dan evakuasi Warga Tagulandang serta  melaksanakan pembersihan material  dampak dari erupsi tadi malam" tegas Komandan.

Lukman Inaku