Satlantas Polres Majalengka Antisipasi Pohon Tumbang dengan Pemangkasan Preventif

Satlantas Polres Majalengka Antisipasi Pohon Tumbang dengan Pemangkasan Preventif

Media Unit 1
Minggu, 11 Februari 2024



Majalengka, - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Majalengka Polda Jabar melakukan monitoring dan koordinasi dalam kegiatan pemangkasan pohon sebagai langkah antisipasi terhadap pohon tumbang yang berpotensi mengganggu Kamseltibcarlantas (Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas). Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu kemarin di sepanjang Jalan Jatipamor, Kabupaten Majalengka.

Kanit Kamsel Satlantas Polres Majalengka, IPDA Aef, memimpin kegiatan ini bersama anggota timnya. Mereka melakukan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai instansi terkait mengenai hasil survey dan pemantauan jalur ruas jalan di wilayah hukum Polres Majalengka. Selain itu, mereka juga memberikan pendampingan selama proses pemangkasan pohon yang dianalisis rawan tumbang akibat cuaca dan angin di musim hujan, serta ranting/cabang pohon yang mengganggu jarak pandang pengguna jalan.

Dalam upaya menjaga kelancaran arus lalu lintas, Satlantas Polres Majalengka juga melakukan pengaturan dengan sistem tutup buka arus lalu lintas pada kedua arah selama proses pemangkasan pohon.

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR., melalui Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Mochammad Ali, S.H., M.M., menjelaskan bahwa pemangkasan pohon yang berpotensi tumbang akibat cuaca dan angin di musim hujan merupakan langkah preventif dalam mengantisipasi masalah lalu lintas yang mungkin timbul. Tujuan utamanya adalah memberikan rasa aman, kenyamanan, dan kelancaran bagi pengguna jalan.

"Kami berupaya menciptakan kondusifitas dan Kamseltibcarlantas, serta membangun citra positif Polri di tengah masyarakat. Ini juga merupakan bagian dari kesiapan pengamanan jalur pada akhir pekan panjang, serta untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta fatalitas akibat kecelakaan," ujar AKP Mochammad Ali disaat dikonfirmasi pada Minggu (11/2/2024.

Dengan langkah preventif ini, diharapkan risiko kejadian pohon tumbang yang dapat mengganggu kelancaran lalu lintas dapat diminimalkan, serta memberikan dampak positif bagi keselamatan dan ketertiban masyarakat pengguna jalan.

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,